Langsung ke konten utama

Cara Menyimpan Ayam Tanpa Kulkas Agar Awet dan Tidak Bau

Cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas supaya awet, Protein dibutuhkan untuk Kamu yang berencana buat menyimpan stok bahan santapan di rumah. Tidak hanya protein kacang- kacangan, Kamu dapat memperoleh protein dari daging ayam( utamanya bagian dada) serta setelah itu menyimpannya. Bila Kamu tidak mau mengandalkan kulkas, apa yang wajib Kamu jalani?

Mau tahu gimana cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas agar awet dan tidak bau? Ikuti cara- caranya berikut ini.

Cara Menyimpan Ayam Potong Tanpa Kulkas

1. Penggaraman

menyimpan ayam digaram


Cara sangat lancar dalam menyimpan daging ayam agar tahan lama tanpa membutuhkan kulkas merupakan dengan membagikan garam pada daging yang akan ditaruh tersebut. Cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas ini tercantum cara lama serta telah dicoba bertahun- tahun yang kemudian, saat sebelum terdapat teknologi penyimpanan modern.

Pengawetan dengan pemberian garam lumayan efisien dicoba baik pada daging yang sudah dimasak ataupun daging ayam mentah.

Pertama- tama, Kamu wajib melenyapkan lemak yang ada pada daging yang hendak ditaruh. Keringkan daging dengan kain ataupun tissue kering. Setelah itu, Kamu dapat menggosokkan garam serta bumbu lain yang Kamu mau secara menyeluruh. Tutup secara rapat serta simpan di tempat daging. Jauhi cahaya matahari secara langsung buat melindungi mutu daging ayam tersebut.

2. Pengasinan/ brining /larutan garam

Pengasinan tanpa kulkas larutan garam


Brining ialah tipe penyimpanan daging ayam mentah sudah dipotong memakai garam tanpa kulkas. Bila penggaraman umumnya dicoba tanpa perlu dilarutkan dalam air serta langsung ditaburkan pada daging ayam, hingga proses brining merupakan memakai larutan garam.

Kamu cuma perlu merendam daging ayam ke dalam cairan yang berisi air asin. Kamu cuma perlu mengombinasikan air serta garam. Kamu pula dapat meningkatkan gula bila mau. Segala bagian daging ayam wajib terendam dalam larutan. Simpan dalam wadah tertutup. Kamu bisa menyimpan daging ayam sepanjang 1- 4 mingguan pada temperatur ruang.

Garam yang masuk ke dalam daging akan menghentikan penyebaran kuman. Sedangkan air berperan melindungi daging ayam biar senantiasa dalam keadaan yang baik.

3. Pengalengan

Pengalengan daging biar awet


Bila Kamu mau menyimpan daging biar awet tanpa perlu memakai kulkas, Kamu dapat melaksanakannya dengan pengalengan.

Pengalengan ialah sesuatu proses di mana santapan diawetkan dengan cara disegel dalam wadah kedap hawa, dengan usia simpan yang lama, dapat menggapai tahunan. Proses ini biasa dicoba oleh industri- industri santapan.

Pengalengan daging ayam membutuhkan kehati- hatian serta keahlian biar tidak berakhir dengan terdapatnya kuman beresiko/ mematikan dalam daging yang ditaruh.

Kamu membutuhkan perlengkapan pengalengan/ pressured canned yang baik biar hasil penyimpanannya dapat tahan lama. Perlengkapan tersebut akan memanaskan air serta menjebak uap yang dihasilkan dalam wadah bertekanan pada temperatur tertentu. 

Dengan temperatur besar tersebut setelah itu akan menewaskan seluruh kuman yang bisa menimbulkan pembusukan.

Sehabis proses pengalengan berakhir, botol ataupun toples penyimpanan yang berisi daging ayam tersebut setelah itu bisa ditaruh serta digunakan kala Kamu hendak memasaknya. Umumnya, proses pengalengan rumahan memakai toples cermin portabel yang dapat dibuka dengan lancar.

4. Pengasapan Daging Ayam

pengasapan daging tidak bau


Pengasapan merupakan salah satu cara menyimpan daging tanpa freezer sangat tradisional yang terdapat, serta pula telah digunakan semenjak lama berabad- abad yang kemudian.

Pada mulanya, pengasapan digunakan di daerah- daerah yang mempunyai kelembaban besar, di mana pengeringan dengan cahaya matahari susah dicoba.

Pengasapan mempunyai keuntungan tertentu, dimana ini bisa membuat daging ayam mempunyai aroma yang khas. Hingga dari itu, sebagian orang terencana melaksanakan pengasapan bukan buat mengawetkan santapan, namun buat menghasilkan aroma daging asap.

5. Ditaruh di jar ataupun toples kaca

Ditaruh di jar ataupun toples kaca


Cara ini cenderung rumit, tetapi jitu buat daging awet sampai 6 bulan. Kalian memerlukan toples ataupun jar cermin tahan panas sebab nantinya daging akan dipanaskan. Siapkan toples, kemudian masukkan potongan daging serta air mendidih. Upayakan segel toples kering serta bersih. Setelah itu direbus gunakan perlengkapan pressure canners.

6. Direndam dengan cuka

daging direndam air cuka
Dikutip dari thehomesteadinghippy. com, dikala memakai cara ini, hendaknya wajib betul- betul pas. Ialah dengan memakai cuka PH 4, 6 supaya daging dapat betul- betul ditaruh dengan nyaman. Jangan kurang ingat buat rendam daging di dalam wadah higienis serta kedap hawa. 

Sekian merupakan 6 cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas yang dapat Kamu coba agar tahan lama dan tidak bau. Setelahnya, Kamu bisa bawa daging ayam tersebut kemana saja Kamu ingin tanpa perlu takut daging akan busuk walaupun tanpa menyimpannya dalam kulkas.


Jasa SEO Jakarta Profesional, Terpercaya, dan Berkualitas Jasa SEO profesional berkembang setiap saat, website yang tampil di halaman pertama hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi. jasa seo radenbro.com konsultan SEO terbaik, untuk traffic website meningkat, kesempatan untuk menghasilkan penjualan juga semakin tinggi. Atas dasar inilah strategi SEO (Search Engine Optimization) diterapkan. online advertising websites,online display advertising,online billboard ads,ads online,cpa cost per action,online video advertising,best places to advertise your business,online advertising agency,online advertising business,internet marketing advertising,advertise your business for free,internet advertising agency,advertise my business for free,online shopping ads